Apa Itu Malware dan Bagaimana Bisa Menginfeksi Website Anda?

Malware adalah kependekan dari Malicious Software yang artinya software jahat yang digunakan untuk mendapatkan data sensitif berupa password, mendapatkan hak akses secara ilegal ke website dan bahkan membajak komputer anda.

Banyak cara yang dilakukan hacker untuk dapat menyisipkan malware ke dalam website anda. Dan jika website sudah terinfeksi maka efeknya bukan hanya ke website tersebut saja tapi juga kepada pengunjung website anda.

Menguji Celah Keamanan

Aktifitas hacker umumnya selalu menguji celah keamanan website dan server yang memiliki peluang untuk di infeksi. Mereka menggunakan tools-tools yang telah mereka siapkan dan mencari target melalui google, forum-forum hacker, di website yang menyimpan arsip defaced misalnya seperti zone-h.org bahkan bisa saja mereka melakukan scanning secara random dengan menyasar platform website tertentu seperti wordpress.

Berikut ini beberapa hal penyebab malware bisa masuk ke website anda.

1. Terdapat Celah Pada Website

Malware dapat menginfeksi website anda disebabkan terdapat celah keamanan yang bisa ditembus. Umumnya semakin banyak fitur dan fasilitas pada website maka lebih besar kemungkinan terdapat celah keamanan.

Misalnya jika website anda menggunakan platform wordpress dan menggunakan banyak plugins, maka jelas sangat besar kemungkinan website anda terkena infeksi malware.

Atau anda membuat website dinamis dengan scripting manual bahasa pemprograman PHP, selanjutnya anda tidak mengupdate script tersebut ke versi PHP terbaru. Seringkali website akan mudah terinfeksi malware karena versi bahasa pemrograman yang anda gunakan sudah usang sedangkan software PHP selalu update setiap waktunya.

2. Terdapat Celah Pada Server

Bukan hanya website yang terdapat celah keamanan, server juga bisa jadi penyebab website anda terinfeksi malware.

Jika server sampai terhack biasanya akan terjadi hack massal secara besar-besaran pada semua website yang terdapat di dalam server tersebut.

Celah keamanan pada server umumnya disebabkan prosedur setting server yang kurang maksimal atau bisa juga dari celah keamanan pada sistem operasinya.

Namun yang paling besar biasanya disebabkan prosedur setting yang kurang tepat dan maksimal.

Jenis Malware

Berbagai jenis malware bertebaran di dunia maya dan siap menginfeksi website anda. Berikut ini beberapa jenis malware yang biasanya menginfeksi website pelanggan.

Adware

Malware berjenis adware yang bertujuan mempromosikan sesuatu. Biasanya mempromosikan banner, membelokkan traffic pengunjung bahkan hingga melakukan pengiriman email secara otomatis.

Virus

Bisa jadi malware bertujuan untuk menyebarkan virus tertentu atau bahkan bertujuan membuat crash browser anda.

Selanjutnya sebagai langkah proteksi anda bisa menggunakan tools malware monitoring untuk memonitor website anda.

Bagaimana PusatHosting Menangani Website Pelanggan yang terinfeksi Malware?

Biasanya kami suspensi 1 dan 2 dan apabila masih tetap tidak ada perbaikan maka akun kami terminate permanen dan tidak bisa di restore.

Adapun detail kebijakan bisa anda baca disini https://pusathosting.com/kb/tos:malware-spam

CHAT via WA di 0817-0334-1186

Sharing is Caring.!

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of