3+ Tahapan Pengecekan Website yang Kena Hack / Deface

Masalah deface hack terjadi setiap hari maka itu rasanya perlu membuat urutan tahapan pengecekan untuk website yang terlanjur terkena hack dan di deface.

Adapun tahapannya adalah sebagai berikut :

Cek File Manager

Biasanya hacker akan meninggalkan banyak file asing di website yang telah di hack. Mulai dari file dengan nama acak, dengan nama seperti sistem misalnya sys.php root.php, symlink, file htaccess yang membesar ukurannya, jumlah folder yang tiba-tiba jadi banyak dan lainya.

Maka itu mulailah dari mengecek file-file website anda.

Cek Traffic Email

Cara ke-2 yang paling mudah untuk mengetahui kalau website terkena hack adalah dengan melihat traffic email. Sudah faham semua bahwa tujuan hacking ini kebanyakan ingin memanfaatkan akun hosting untuk mengirim email promosi atau ingin mendapatkan traffic gratis.

Maka itu cobalah cek traffic email di akun hosting anda pastikan trafficnya normal.

Cek Traffic Website

Cara ke-3 sedikit agak susah yaitu cek traffic website. Anda mungkin bisa dengan mudah melihat log file yaitu dengan masuk ke akun hosting dan membuka log file nya. Tapi susahnya anda harus melototin satu per satu baris traffic di log tersebut untuk mencari keanehan yang terjadi.

Anda perlu melihat dan mengecek ip address dari negara mana, file apa yang diakses dan seberapa sering mengaksesnya.

Bagi yang sudah mahirpun masih perlu waktu lho untuk melihat traffic ini.

Cek File .htaccess

Pada beberapa kasus kami temukan website seolah normal ketika diakses, tapi ternyata hacker ingin mendapatkan traffic dari mesin pencari.

Jadi apabila website anda medapat traffic dari google, kemudian pengunjung akan di redirect ke website lain dengan htaccess tersebut.

coba pastikan anda melihat isi file .htaccess tersebut

Cek Di VirusTOTAL

Sudah tahukah anda virustotal.com? coba cek status website anda di virustotal.com apakah bersih ataukah terdapat indikasi virus.

Jika terdapat virus perhatikan keterangan yang disampaikan oleh virustotal agar anda bisa dengan mudah mencari sumber virusnya.

Ada pertanyaan?

CHAT via WA di 0817-0334-1186

Sharing is Caring.!

4
Leave a Reply

2 Comment threads
2 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Guest
john

solusinya manaaaaaaaa????

Guest
Curtain

itu cuman chek mas bukan solusi