Daftar Software Billing Web Hosting Gratis & Berbayar

Pembahasan kali ini kami akan membahas software billing web hosting baik itu gratis maupun berbayar serta software billing hosting terbaik dan paling populer.

Jika anda ingin membangun layanan web hosting maka anda harus menggunakan software billing untuk mengelola pelanggan anda. Mengapa? ya untuk memudahkan anda dalam memanajemen data pelanggan.

Bagaimana jika dilakukan secara manual?

Ya bisa saja, apabila jumlah klien anda masih dibawah 50 pelanggan tapi jika lebih dari itu lebih baik gunakan software billing hosting karena akan sangat membantu anda.

Berikut ini adalah beberapa fitur dasar software billing webhosting secara umum yang akan sangat membantu anda :

  1. Manajemen pelanggan
  2. Manajemen pemesanan domain
  3. Manajemen pemesanan paket hosting
  4. Manajemen pemesanan VPS / Server
  5. Manajemen helpdesk atau layanan bantuan ticketing yang dapat diintegrasikan dengan email
  6. Manajemen promosi

Anda bisa mensetting billing hosting untuk dijalankan secara otomatisasi atau pula manual.

Daftar Software Billing Hosting Berbayar

Berikut ini adalah daftar software billing web hosting berbayar serta yang paling populer sejagad raya.

1. WHMCS – Web Hosting Managemen Customer Service
whmcs logo

Billing web hosting yang paling dan sangat populer adalah WHMCS dimana hampir semua provider hosting Indonesia dan seluruh dunia menggunakan software billing ini.

Banyak provider hosting menggunakan whmcs karena lengkap dan termasuk kemudahan dalam penggunaannya. Alasan lain karena ingin memudahkan pelanggan yang sudah terbiasa menggunakan whmcs.

Bukan monopoli, tapi menggunakan whmcs itu merupakan pilihan.

Jika 990 provider hosting dari 1000 provider hosting yang ada di Indonesia menggunakan whmcs, maka apa jadinya jika anda menggunakan billing lain? biasanya banyak pelanggan yang kebingungan dan anda harus melakukan edukasi kepada pelanggan tersebut.

WHMCS menyediakan beberapa pilihan template standar, namun pada beberapa provider hosting indonesia telah melakukan customisasi sehingga dari segi tampilan tidak terlihat seperti WHMCS tapi setelah anda login ke member area ternyata menggunakan whmcs.

Tampilan Dashboard WHMCS

whmcs dashboards

WHMCS adalah software billing hosting berbayar seharga $15.95/bulan atau $249.95 sekali bayar.

Apakah Pusathosting menjual Lisensi WHMCS?

Kami tidak menjual lisensi whmcs karena saat ini kami bukan merupakan partner whmcs, jika anda membutuhkan whmcs anda bisa langsung mengunjungi websie whmcs atau melalui partner whmcs.

Harga WHMCS

2. Blesta
blesta-logo

Blesta adalah salah satu software billing web hosting yang menawarkan fleksibilitas untuk mengembangkan softwarenya. Blesta 99% script kodenya adalah opensource dan hanya 3 file saja yang di encrypt untuk tujuan lisensi, jadi tidak seperti whmcs yang hampir seluruh kode scriptnya terencrypt.

Tampilan Dashboard blesta

dashboard blesta

Blesta adalah software billing hosting berbayar dan anda bisa mendapatkannya dengan biaya sekitar 12.95/bulan atau $250 sekali bayar.

Demo Blesta Harga Blesta

3. HostBill
hostbill-logo

Dari kedua software billing diatas hostbill mempunyai fitur yang super lengkap dan kebanyakan digunakan oleh provider sekelas datacenter untuk melakukan proses auto provisioning server atau bahasa mudahnya auto install server.

Tampilan dashboard hostbill

hostbill dashboard

Anda bisa mendapatkan hostbil dengan membayar sebesar $999 sekali bayar. Nilai yang cukup besar untuk webhoster pemula.

Harga Hostbill

Selain beberapa software billing diatas ada pula lainya yaitu seperti AWBS dan ISPSystem tapi dalam perkembangannya tertinggal jauh dibandingkan dengan whmcs, blesta dan hostbill sehingga software tersebut tidak kami bahas pada artikel ini.

Daftar Software Billing Hosting Gratis

Berikut ini adalah beberapa software billing gratis yang banyak digunakan.

1. BoxBilling
boxbilling-logo

Boxbilling adalah software billing hosting yang sepertinya paling populer di kalangan provider hosting pemula. Ya Selain Boxbilling menawarkan lisensi yang sangat murah sekitar $5/bulan boxbilling juga menawarkan lisensinya secara gratis dalam batasan tertentu.

Tampilan Dashboard Boxbilling

boxbilling-dashboard

Fitur boxbilling tidak selengkap WHMCS, Blesta apalagi Hostbill, namun untuk anda yang baru memulai mendirikan jasa web hosting anda bisa mencoba boxbilling sebagai salah satu alternatif billing hosting anda.

Demo BoxBilling Harga BoxBilling

2. WHMBILL
whmbill logo

Alternatif lainya hosting billing yang gratis adalah whmbill. Software billing yang satu ini adalah software billing single order. Artinya anda tidak bisa melakukan pemesanan beberapa paket sekaligus dan hanya bisa memesan 1 paket hosting dan domain dalam sekali waktu pemesanan.

Tampilan Dashboard WHMBILL
dashboard whmbill

Demo WHMBILL Download BoxBilling

Sementara itu dulu beberapa software billing yang kami bahas. Jika anda mempunyai pertanyaan.

Dimana Billing Hosting buatan Indonesia?

Memang sempat ada beberapa software billing yang tumbuh, namun sayangnya tumbang kembali. Jadi kita tunggu saja barangkali ada putra-putri anda nanti yang jago coding dan membuat tandingan dari billing hosting diatas.

 

CHAT via WA di 0817-0334-1186

Sharing is Caring.!

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of