Daftar Software Control Panel Hosting Gratis OpenSource & Berbayar Linux Windows

Apakah saat ini anda menggunakan CPanel? aha… asal tahu saja software control panel hosting yang anda gunakan saat ini bukanlah satu-satunya. Masih banyak lagi control panel hosting diluar sana selain cpanel berbayar mupun control panel hosting gratis yang tidak kalah populernya di Indonesia maupun di negara lainya.

Fitur Control Panel Secara Umum

Pengenalan beberapa fitur umum control panel hosting antara lain dapat melakukan operasi :

  • Manajemen Domain termasuk Sistem DNS
  • Manajemen Email, Alias, Forwarding
  • Manajemen File baik itu melalui File manager maupun FTP
  • Manajemen Database, biasanya menggunakan MySQL, MariaDB, PostgreSQL
  • Manajemn Backup & Restore

dan beberapa fitur Opsional lainya yang biasanya di packing sebagai applikasi tambahan atau plugin seperti

  • Software Auto Installer seperti Softaculous
  • Software Manajemen Firewall seperti Config Server Firewall atau CSF

Daftar Software Control Panel GRATIS

Berikut ini adalah daftar control panel Gratis update per Tahun 2016. Klik pada gambar untuk melihat lebih detail jelascontrol-panel-hosting-gratis

Daftar Software Control Panel Berbayar

Berikut ini adalah daftar software control panel hosting berbayar update terakhir tahun 2016. Klik pada gambar untuk melihat lebih detail jelasdaftar-software-control-panel-hosting

 

Dari banyaknya software control panel hosting tersebut diatas berikut ini kami bahas beberapa yang paling populer.

cpanel-whm

CPanel WHM

CPanel Web Hosting Management adalah software control panel hosting yang sangat populer di Indonesia, dimana hampir sebagian besar provider hosting indonesia yang menyediakan layanan shared hosting maupun cloud hosting bisa dipastikan menggunakan control panel ini.

CPanel adalah control panel hosting berbasis Linux dimana fungsionalitasnya terbagi menjadi 3 yaitu

  1. Fungsionalitas sebagai pengguna akhir / end user atau pelanggan hosting
  2. Fungsionalitas sebagai reseller hosting
  3. Fungsionalitas sebagai Administrator hosting

Berdasarkan catatan di Wikipedia yang bisa anda baca disini ( baca : https://en.wikipedia.org/wiki/CPanel ))

CPanel dikembangkan pertama kali oleh John Nick Koston pada tahun 1999 dan berkembang pesan hingga sekarang.

Penampakan CEO Pencipta CPanel

nick koston cpanel CEO

CPanel saat ini berkantor di Houston, Texas

Penampakan Software Hosting CPANEL

cpanel-dashboard

Untuk mendapatkan software CPanel anda harus membayar, karena software control panel hosting ini merupakan software proprietary dimana anda harus membeli lisensi untuk dapat menggunakannya.

Lisensi CPanel

Harga lisensi software CPanel jika dilihat dari website resminya adalah $45 / bulan untuk Dedicated server dan $20/bulan untuk VPS.

Detailnya bisa anda lihat disini  https://store.cpanel.net/

Untuk mendapatkan harga lebih murah, anda bisa mencari reseller CPanel diantaranya yang kami tahu, anda bisa membeli software Cpanel melalui

  1. Licensepal – Seharga $34 untuk Dedicated Server dan $14 untuk VPS detailnya disini https://www.licensepal.com/products/cpanel.php
  2. BuyCpanel – Seharga $34 untuk dedicated server dan $14 untuk vps disini https://www.buycpanel.com/order/

Link diatas bukan affiliate link 🙂

CPANEL Feature CPANEL Demo

 

directadmin-logo

Directadmin

Directadmin adalah salah satu software control panel hosting berbasis Linux yang juga sangat populer di Indonesia. Kalau kami boleh menyampaikan. Directadmin adalah control panel nomor-2 terbesar penggunaannya di Indonesia.

Fungsionalitas sama dengan cpanel, dimana terdapat 3 level fungsi yaitu sebagai user level, reseller level dan admin level.

Directadmin dikembangkan oleh  JBMC Software yang beralamatkan di Suite 173 3-11 Bellerose Drive, St Albert, AB T8N 1P7 Canada

Banyak juga layanan hosting yang menggunakan directadmin dengan alasan lebih sederhana dan mudah dalam menggunakannya.

Penampakan Directadmin

directadmin-control-panel

Lisensi Directadmin

Untuk mendapatkan Directadmin anda akan dikenakan biaya sekitar $29/bulan detailnya bisa anda temukan disini

Directadmin Price Directadmin Feature Directadmin Demo

plesk-logo

Plesk Panel

Software control panel hosting yang satu ini yaitu Plesk Panel adalah control panel yang dapat di install pada Linux dan Windows. Terdapat beberapa provider hosting Indonesia terkemuka yang menyediakan layanan shared hosting dan cloud hosting menggunakan Plesk Panel.

Meski begitu, Plesk Panel ini terkenal rumit, lambat dan membingungkan serta tidak familiar dengan pengguna Indonesia. Namun dengan teknologi yang diusung plesk panel dan parralell Software control panel hosting plesk panel ini tetap menjadi salah satu yang terbaik yang pernah ada.

Dalam sejarah berdasarkan wikipedia disini https://en.wikipedia.org/wiki/Plesk

Plesk dikembangkan di Rusia dan di akuisisi oleh SWSoft pada tahun 2003 kemudian berkembang hingga sekarang.

Penampakan Plesk Panel

plesk-dashboard

Lisensi Plesk Panel

Plesk panel merupakan software control panel hosting proprietary juga sehingga untuk menggunakan plesk anda akan dikenakan biaya lisensi sebesar $15 untuk VPs dan $35/bulan apabila anda instal di Dedicated server.

Plesk Price Plesk Feature Plesk Demo

webuzo-logo

Webuzzo

Webuzzo adalah salah satu control panel hosting yang populer di baru-baru ini ya sekitar tahun 2014. Control panel hosting biasanya digunakan pada sistem operasi Linux dan di rilis sekitar tahun 2011 oleh Softaculous.

Detail publikasi pertama webuzzo bisa anda lihat disini http://www.softaculous.com/board/index.php?tid=1309&title=Webuzo

Webuzzo memiliki akses single level yaitu untuk mengelola website secara langsung dimana didalamnya berisi lengkap banyak script yang bisa di install secara otomatis seperti softaculous.

Karena fungsionalitas webuzzo ini hanya untuk single level user maka kebanyakan orang menggunakan dan menginstall webuzzo di server VPS.

Penampakan Panel Webuzzo

webuzo_home

 

Lisensi Webuzzo

Webuzzo juga merupakan software hosting proprietary namun webuzzo juga ditawarkan secara gratis untuk menarik minat pasar agar menggunakan software tersebut.

Biaya lisensi control panel webuzzo adalah $2.5/bulan apabila anda menginstall webuzzo di VPS dan $5/bulan apabila anda menginstallnya di dedicated server.

Webuzzo Price Webuzzo Feature Webuzzo Demo

kloxo-mr-logo

KloxoMR

KloxoMR adalah software control panel hosting yang bersumber dari software asalnya yaitu Kloxo dari lxcenter.org. Kloxo-Mr merupakan software Fork yang berarti software turunan yang dikembangkan secara independen sehingga namanya berubah menjadi Kloxo-MR.

Inisial MR yang berarti Mustafa Ramadhan yang merupakan pengembang software tersebut.

Kloxo dapat di install pada sistem operasi Linux dan untuk perkembangan software bisa anda temukan di halaman Github ini

https://github.com/mustafaramadhan/kloxo/

Penampakan Kloxo MR

kloxo-mr-dashboard

Lisensi Kloxo-MR

Control panel hosting Kloxo-Mr ini didistribusikan secara gratis opensource sehingga anda tidak akan dikenakan biaya untuk menggunakan software ini.

Cara Installasi Kloxo-MR bisa anda temukan disini

https://github.com/mustafaramadhan/kloxo/blob/dev/how-to-install.txt

cwp_logo

Centos Web Panel

CWP atau Centos Web Panel adalah software control panel hosting khusus untuk Linux. CWP ini memiliki 2 level user yaitu sebagai administrator dan sebagai end user atau pelanggan.

Umurnya terbilang masih muda yaitu berdasarkan change log rilis dari software tersebut, CWP dikembangkan sejak tahun 2013 detailnya bisa anda temukan disini http://centos-webpanel.com/changelog

Namun beberapa teman di forum-forum menggunakan control panel ini sebagai salah satu alternatif control panel gratis selain webuzzo diatas.

Penampakan Centos Web Panel

cwp-dashboard

CWP saat ini gratis namun apabila anda ingin mendapatkan layanan support langsung dari tim staff CWP anda harus membayar.

CWP Demo

vestacp logo

VestaCP

VestaCP adalah salah satu alternatif control panel gratis yang bisa anda gunakan pada sistem operasi Linux. Sedikit mirip dengan Centos Web Panel. VestaCP di distribusikan pula secara gratis.

VestaCP menarik biaya kepada pelanggan dan penggunanya khusus apabila pelanggan membutuhkan fitur yang lebih baik.

Misalnya seperti Filemanager yang lebih bagus, VestaCP menjual feature tersebut dalam bentuk plugin. Detailnya bisa anda temukan disini https://vestacp.com/features/

Penampakan VestaCPvestacp dashboard

Berdasarkan roadmap, vestacp dikembangkan sejak tahun 2012

VestaCP Demo

imscp-logo

I-MSCP

I-Mscp adalah software control panel hosting gratis yang dikembangkan berdasarkan plugin-Plugin terpisah. Bisa jadi target dari pengembang software ini selanjutnya adalah mengkomersialkan plugin-plugin tersebut.

Penampakan I-MSCP

imscp-plugin-manager

I-MSCP Demo

EHCP-logo

EHCP

EHCP kepanjangan dari Easy Hosting Control Panel yang berarti control panel hosting yang mudah. Dengan motto tersebut EHCP berdedikasi menghadirkan software hosting yang sangat mudah digunakan.

Penampakan EHCP

ehcp dashboard

EHCP adalah control panel hosting gratis yang bisa anda jadikan alternatif install di vps.

ECHP belum menyediakan link demo yang pasti dan sering berubah jadi untuk melihat kepastian beritanya silahkan kunjungi langsung websitenya disini ehcp.net

Itulah tadi beberapa pembahasan seputar control panel hosting gratis opensource maupun yang berbayar yang mungkin akan bermanfaat untuk anda.

Anda boleh berkomentar atau bertanya sesuai topik pembahasan software control panel dan kami dengan senang hati akan menjawab setiap pertanyaan anda.

Terakhir jika menurut anda artikel ini membawa manfaat, Anda boleh men share artikel melalui sosial media dan kami akan sangat berterima kasih.

CHAT via WA di 0817-0334-1186

Sharing is Caring.!

3
Leave a Reply

1 Comment threads
2 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Guest
Indra

Selama ini pakai cpanel dan baru kali ini tahu kalau ada panel lainya.

Guest

Mohon maaf saya bertanya tapi tidak ada hubungan dengan artikel di atas.
Seumpama saya pindah wordpres, dan membeli hosting, bagaimana caranya ?
Terimakasih